Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berwisata ke Korea Selatan!

Yukke.id – Korea Selatan tak hanya dikenal dengan dramanya saja, tapi banyak hal yang harus diketahui dari negara ini. Salah satunya mengenai etika, atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berada di Korea Selatan. Ada berbagai etika sosial yang sebaiknya dipatuhi ketika berwisata di sana. Khususnya untuk para wisatawan yang baru pertama kali datang ke Korea.

Walaupun setiap negara memiliki budaya, tradisi, dan aturannya masing-masing. Tapi tidak ada salahnya jika Anda belajar tentang etika sosial di Korea, seperti di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Korea yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Dingin

Hindari Hal Berikut Ini Saat Berwisata ke Korea Jika Tak Ingin Dicap Tak Beretika

1. Jangan Langsung Makan

makan bersama

Ketika sedang makan bersama dengan orang lain di sana, sebaiknya jangan langsung makan. Tunggu sampai orang tua yang datang bersama Anda duduk terlebih dulu. Kemudian barulah Anda boleh makan jika mereka sudah duduk.

2. Jangan Menancapkan Sumpit pada Nasi

Etika berikutnya yang dilarang adalah, tidak boleh menancapkan sumpit di atas nasi. Karena hal itu menandakan kematian. Apalagi dengan sumpit yang menancap tegak lurus di atas meja.

3. Jangan Duduk Bersila di Atas Kursi

Menaikkan kaki ke atas kursi dengan duduk bersila atau mengangkat ke atas juga tidak dibenarkan. Sebaiknya duduk di kursi dengan tegak dan kedua kaki masih menapak di lantai.

4. Jangan Meninggalkan Sisa Makanan di Meja Restoran

Ketika makan di sebuah restoran yang ada di Korea Selatan, sebaiknya Anda menghabiskan seluruh makanannya. Karena hampir semua resto di sana menerapkan aturan bagi konsumen, untuk membereskan meja setelah selesai makan. Pelanggan harus bisa memisahkan sampah bekas sisa makanan dan meja harus dalam kondisi bersih.

5. Melepaskan Alas Kaki

Sebelum memasuki rumah atau kuil jangan lupa untuk melepaskan alas kaki terlebih dulu. Sama halnya dengan memasuki sekolah yang ada di sana.

6. Jangan Bersin Saat Sedang Bersama Orang Lain

Anda harus bisa menahan bersin ketika sedang bersama orang lain atau pada saat sedang makan bersama. Jika tidak bisa menahan ada baiknya minta izin untuk ke toilet terlebih dulu. Karena bersin di tengah orang banyak akan dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan.

7. Jangan Menggunakan Bahasa Informal

Ketika bertemu dengan siapa saja di Korea sebaiknya gunakan bahasa formal dan honorifik. Sistem honorifik di dalam bahasa Korea tersebut memang rumit dan bisa dilihat dari pemakaian kosakata dan kata kerja berbeda.

8. Berhati-hatilah dengan Angka Empat

Di Korea Selatan angka empat adalah angka yang dianggap sial atau kurang beruntung. Sehingga setiap bangunan yang ada di Korea tidak ada lantai empat. Tapi mereka akan melabelinya dengan huruf F saja.

Itulah beberapa hal penting yang harus diketahui bagi Anda yang ingin berwisata di Korea. Hal tersebut berkaitan dengan etika sosial masyarakat di sana.

Sumber: Dari berbagai sumber

Foto: dl.kaskus.id

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>