5 Kuliner Ramadhan dari Malaysia, Wajib Coba

Yukke.id – Buat Anda berencana ke Malaysia saat puasa, tidak ada salahnya mencoba makanan khas di sana. Apalagi Malaysia sama seperti Indonesia berada di rumpun melayu. Tentu ada banyak makanan yang mirip dan akan cocok dengan lidah Anda.

Dikumpulkan dari berbagai sumber dan rekomendasi, inilah 5 kuliner Ramadhan Malaysia yang wajib dicobakan:

Baca juga: 7 Masjid Terindah di Singapura untuk Dikunjungi


Ayam Percik

Ayam percik
sumber fried chillies

Ayam percik adalah makanan khas dari Kelantan, Malaysia. Ayam bakar satu ini memiliki rasa gurih pedas dari olesan bumbu merah yang melimpah.

Bahkan sebelum dibakar, ayam ini sudah diolesi bumbu rempah, mulai dari bawang putih, cabe, lengkuas, saus jahe, asam gelugur, santan, dan lain-lain. Kemudian ayam didiamkan hingga hitungan jam hingga bumbu meresap dalam ayam.

Ayam percik bisa dimakan bersama nasi putih. Atau Anda bisa mudah menemukannya sebagai lauk nasi lemak khas Malaysia.

Murtabak

murtabak
sumber youtube

Murtabak mirip dengan martabak telur di Indonesia. Bedanya isi murtabak lebih tebal. Ada daging, sayung, hingga telur dadar dengan tekstur kulit luar yang renyah.

Anda juga merasakan cita rasa rempah yang kuat dari Murtabak. Padukan dengan saus cabe, timun, atau cuka untuk menambah kelezatan kuliner Ramadhan dari Malaysia ini.

Nasi Kerabu

nasi kerabu
sumber konten

Makanan Malay satu ini memiliki warna yang unik. Jika nasi umumnya berwarna putih dan bisa dibuat kuning, maka nasi kerabu berwarna biru terang. Warna ini berasal dari sari bunga telang.

Rasa gurih seperti nasi ulam. Biasanya nasi kerabu disajikan bersama banyak sayuran dan lauk, mulai dari sayuran segar seperti toge, sambal kelapa goreng, cabe, telur, ayam, atau daging bakar. Mendengarnya saja sudah menggugah selera ya.

Roti Bom

roti bom
sumber mopress

Lagi tidak mau nasi? Roti Bom bisa menjadi pilihan yang cukup mengenyangkan. Termasuk jenis roti pita, bentuknya lebih tebal dan empuk. Rasanya juga gurih, ditambah dengan minyak tipis yang melapisi semua bagian roti.

Untuk menikmati roti ini dengan lebih enak, cocolkan roti ke dalam kari ayam atau kambing. Atau Anda bisa memiliki siraman susu kental manis dan gula untuk rasa yang lebih manis.

Bubur Lambuk

bubur lambuk
sumber asian food network

Bila mencari kuliner berbuka puasa atau sahur, bubur lambuk adalah salah satu pilihan yang banyak dicari. Bubur ini dibuat dengan campuran rempah, udang, daging sapi, ubi jalar, dan lain-lain. Rasanya pun tidak perlu diragukan lagi.

Makanan satu ini juga ada kisah unik. Dulunya bubur lambuk dibuat oleh orang-orang berada untuk dibagikan ke orang sekitar. Biasanya bubur dimasak di halaman masjid dan dibagikan menjelang buka puasa. Tradisi ini masih ada lho sampai sekarang.


Itulah tadi 5 kuliner Ramadhan dari Malaysia yang unik. Rempah-rempah sangat beragam sehingga memberikan cita rasa yang unik dan enak di lidah. Sudah tidak sabar ingin mencobanya?


Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>