7 Masjid Terindah di Singapura untuk Dikunjungi

Yukke.id – Di banyak negara, Masjid adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Misalnya Taj Mahal di India dan Masjid Al-Haram di Arab Saudi.

Ternyata di Singapura juga ada masjid – masjid indah yang sayang dilewatkan saat liburan. Di mana saja destinasi wisata Singapura satu ini?

Baca juga: 5 Lokasi Wisata Sejarah di Korea Selatan Anggun nan Indah


1. Masjid Sultan

Masjid Sultan
sumber: hotel

Masjid Sultan sudah menjadi salah satu ikon Singapura. Masjid ini memiliki makna penting karena dibangun oleh Sultan Hussein Shah pada tahun 1824. Beliau adalah Sultan pertama di Singapura dan masjid ini adalah masjid pertama di Singapura.

Masjid di Kampung Glam ini memiliki arsitektur yang unik. Anda bisa melihat bagaimana perpaduan desain dari India tradisional, Eropa, dan Islam bergabung di bangunan ini. Namun kubah emas di atas Masjid-lah yang menjadi keunikan utamanya.

2. Masjid Abdul Gafoor

Masjid Abdul Gafoor
sumber: sunburstadventure

Masjid Abdul Gafoor berada di kawasan Little Indian. Desain arsitekturnya juga unik, karena dipadu dari desain India selatan, Eropa, dan Kerajaan Mughal.

Masjid ini juga memiliki kedekatan dengan Indonesia. Karena tujuan awal pembangunan masjid ini adalah sebagai tempat shalat untuk para imigran. Ada imigran Muslim Tamil asal India Selatan dan dari Suku Bawean Indonesia.

Tahun 1979, Masjid Abdul Gafoor ditetapkan sebagai monumen nasional Singapura.

3. Masjid Hajjah Fatimah

Masjid Hajjah Fatimah
sumber umrohtravelhalal

Keunikan Masjid Hajjah Fatimah sudah terdengar dari namanya. Nama ini menjadikannya satu dari sedikit masjid di Singapura yang dinamai berdasarkan nama wanita.

Berdiri tahun 1846, desainnya merupakan campuran dari Eropa, Melayu, dan China. Desain Eropa ini sangat terlihat dari puncak menara yang mirip dengan menara gereja. Bahkan menara ini kemudian dikenal sebagai Menara Miring Singapura.

4. Masjid Al-Islah

Masjid Al-Islah
sumber: gyannara

Masjid Al-Islah memiliki kisah unik. Awalnya, masjid ini sudah berdiri sejak perkampungan masih umum ditemukan di Singapura. Namun kemudian, tahun 1995 masjid diruntuhkan.

Alasannya untuk melayani kampung nelayan Melayu dan mengembangkan lahannya. Hingga Juni 2015, masjid ini akhirnya dibangun kembali di Punggol.

Keunikan desain masjid ini terlihat dari pintu yang melengkung dan layar kisi-kisi. Hal ini menjadikan banyak cahaya yang bisa masuk menerangi ruangan.

5. Masjid Assyafaah

Masjid Assyafaah
sumber: surau.co

Bila ingin mencoba melihat masjid dengan desain yang berbeda, coba kunjungi Masjid Assyafaah di Sembawang. Masjid ini menerapkan gaya arsitektur modern yang menjadikan unik dibandingkan masjid lainnya.

Selain itu, desain dalamnya juga memiliki banyak unsur islami. Mulai dari dinding berukuran kaligrafi 99 nama Allah hingga pola geometris islami di ubin dan karpet.

6. Masjid Maarof

Masjid Maarof
sumber nestia

Masjid Maarof adalah salah satu masjid yang relatif baru di Jurong West. Namanya sendiri diambil dari sebuah masjid di Beach Road yang sudah dirobohkan tahun 1960.

Keunikan masjid ini terlihat dari bentuk kubah bundarnya yang unik. bahkan di salah satu bagian masjid, ada bagian yang memakai atap transparan lho.

7. Masjid Omar Kampong Melaka

Masjid Omar Kampong Melaka
sumber: berita mediacorp

Terletak di dekat Sungai Singapura, masjid ini adalah salah satu masjid tertua di Singapura, berdiri tahun 1820. Berdiri di tengah bangunan beton tinggi, masjid ini berdiri sederhana setelah direnovasi 2 kali.

Awalnya berupa surau dari kayu, tahun 1855, renovasi dilakukan untuk mengganti dindingnya menjadi bahan batu bata. Kemudian tahun 1981, bangunan ini diberi tambahan bangunan dari minaret.


Itulah 7 masjid indah dan berkisah sejarah yang ada di Singapura. Anda bisa mengunjungi untuk beribadah ataupun sekedar melihat keindahan arsitekturnya. Selamat travelling.


Sumber dan foto: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>