Berkunjung ke Taman Nasional Terkecil di Malaysia


Yukke.id – Taman Nasional Penang terletak di ujung barat laut Pulau Penang. Jarak antara taman nasional ini dengan Kuala Lumpur adalah sekitar 230 km bila ditempuh melalui NorthSouth Expressway. Taman ini dapat lebih mudah diakses melalui George Town atau Batu Ferringhi dengan tranportasi umum Bus RapidPenang.

Taman ini merupakan taman nasional terkecil di Malaysia. Meskipun di klaim sebagai taman nasional terkecil di dunia, rupanya taman nasional ini menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh lengkap. Pemandangan alam berupa hutan, pantai, bukit, sungai, serta danau membuat Taman Nasional Penang cocok bagi para traveller yang ingin healing.

source : tourism media

Berjarak sekitar 500 meter dari pintu masuk, pengunjung disuguhkan dengan jalur menuju Monkey Beach jika belok kanan. Sedangkan, jika berbelok ke kiri pengunjung akan dituntun untuk menuju Pantai Kerachut.

Jika pilihan pertama yang dipilih adalah mengunjungi Monkey Beach, maka para pengunjung juga sekaligus dapat mengunjungi Muka Head Light House. Muka Head Light House adalah mercusuar tertua di Malaysia. Jarak antara Monkey Beach dengan Muka Head Light House memakan waktu sekitar 30 menit. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari atas mercusuar ini.

source : nickchan.net

Apabila memilih Pantai Kerachut, maka pengunjung dapat sekalian mengunjungi Danau Meromictic. Danau ini dapat diakses dengan berjalan kaki selama 1,5 jam menuju Pantai Kerachut. Unik sekali bukan! Ada danau yang berair tawar di tepian pantai Kerachut. Meski berdekatan, air keduanya tidak menyatu.

Pantai yang terbentang sepanjang Taman Nasional Penang dapat diakses dengan cara menaiki perahu atau bisa dengan trekking hutan melewati perbukitan.

Apabila ingin mencoba trekking hutan, maka di Taman Nasional Penang menyediakan 2 jalur trek utama. Trek pertama mulai dari pintu masuk menuju Pantai Kerachut yang akan memakan waktu sekitar 2 jam. Trek kedua dimulai dari pintu masuk menuju Pantai Teluk Kampi. Trekking menuju Teluk Kampi menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Taman Nasional Penang juga menyediakan kawasan perkemahan di sekitar Pantai Kerachut dan Pantai Teluk Kampi.

source : tourism media

Jangan lupa untuk menyiapan perbekalan berupa makanan dan minuman yang cukup selama melakukan trekking hutan. Karena, di sepanjang jalan menuju lokasi tidak ada penjual ataupun kios. Namun, jangan khawatir apabila tidak mempersiapkan perbekalan dari rumah. Sebab terdapat beberapa kios yang menjual makanan dan minuman di pintu masuk utama Taman Nasional Penang.

Trekking hutan merupakan hal yang patut dicoba bagi para pecinta alam. Pasalnya, ketika di perjalanan menuju pantai, para traveller dapat menjumpai berbagai macam hewan dan tumbuhan. Pepohonan besar dan tumbuhan berbunga serta hewan-hewan seperti tupai, berang-berang, kancil, dan beberapa spesies burung akan banyak ditemui para pengunjung.

Bagaimana? Apakah sudah terbayang bagaimana keseruan yang akan dirasakan apabila mengunjungi Taman Nasional Penang?


Sumber dan foto : dari berbagai sumber.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>