Tips & Trick Menjadi Backpacker Untuk Pemula

Yukke.id – Bagi anda yang sering liburan pasti pernah mendengar istilah backpacker. Secara singkat backpacker berarti orang yang melakukan perjalanan secara mandiri dengan budget yang minim.

Ciri khas dari backpacker dapat dilihat dari bawaannya yang berat berupa backpack biasanya berupa tas gunung.

Jika anda masih baru dan tertarik untuk berlibur ala backpacker, simak pembahasan berikut tentang tips & trick-nya untuk pemula.

Sharing dengan Orang Berpengalaman

Sharing dengan backpacker yang sudah ahlinya (sumber: pexels.com)

Langkah terbaik yang dapat anda lakukan pertama kali adalah berdiskusi dan sharing dengan orang yang sudah sering backpacking.

Entah itu teman, saudara, atau juga di forum-forum komunitas offline dan online. Mintalah saran seputar backpacking dan juga informasi budaya masyarakat tempat tujuan.

Gali Informasi Tujuan Wisata

Jika anda telah menetapkan destinasi wisata, langkah selanjutnya adalah menggali informasi seputar lokasi tujuan anda sebanyak-banyaknya.

Misalnya, pilihan hotel yang murah namun tetap strategis dengan lokasi wisata yang dituju. Mencari kafe atau restoran murah yang tidak membuat kantong jebol, akses transportasi yang mudah dan murah, penyewaan kendaraan yang terjangkau, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tips Liburan Seru Dengan Anak

Membuat Anggaran Liburan

Mengatur anggaran liburan yang akan digunakan (sumber: pexels.com)

Sebelum berangkat anda perlu membuat anggaran selama liburan. Tentu saja tujuannya untuk mengetahui jumlah pengeluaran pasti dan prediksi bekal yang akan dibawa.

Jika total biaya membengkak, maka carilah alternatif lain. Mengganti penginapan yang lebih murah, mengajak teman untuk share cost hotel, mengganti transportasi, dan masih banyak lagi.

Hunting Tiket Murah dan Promo

Salah satu kunci sukses menjadi backpacker adalah dengan memanfaatkan tiket murah dan promo dengan maksimal.

Mulai dari membeli tiket pesawat promo, penginapan termurah, promo transportasi online, tiket wisata, makanan promo, dan masih banyak lagi.

Bawa Barang Secukupnya

Bawa backpack secukupnya dan jangan over capacity (sumber: pexels.com)

Tips menjadi backpacker selanjutnya ialah membawa barang secukupnya dan menghindari bawaan berlebih yang tidak diperlukan.

Pastikan membawa pakaian yang cukup, sepatu, peralatan mandi, gadget, dokumen penting seperti paspor, ATM, uang tunai, dll.

Untuk jenis pakaian yang dibawa dapat menyesuaikan destinasi wisata, apakah di daerah dingin atau tropis.

Baca Juga: Tips Aman Solo Travelling Bagi Perempuan

Olahraga yang Rutin

Sebagai backpacker anda akan banyak menggunakan kekuatan fisik, seperti menggendong tas yang besar dan melakukan perjalanan dengan jalan kaki.

Tentunya sebagai pemula anda harus mempersiapkan diri dengan melatih fisik agar tidak ‘kaget’ nantinya. Kegiatan olahraga yang dapat anda lakukan adalah jogging, bersepeda, kardio, push-up, dan sebagainya.

Berinteraksi dengan Penduduk Lokal

Akrabkan diri dengan penduduk lokal (sumber: pexels.com)

Anda akan banyak diuntungkan dengan mengenal penduduk lokal selama liburan. Informasi seputar tips masuk lokasi wisata dengan harga murah, tumpangan gratis, hingga diajarkan bahasa daerah.

Selain itu anda tentunya akan banyak kenalan baru dan lebih mengenal karakter dan budaya masyarakat setempat.

Tips-tips di atas akan membawa anda selangkah lebih dekat menjadi seorang backpacker.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan selama liburan, ya!

Sumber dan foto: dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>