4 Alasan Sederhana Mengapa Liburan Itu Penting

Yukke.id – Saat ini, banyak orang lebih mementingkan pekerjaannya dibandingkan hal lain. Tidak ada yang salah mengingat begitulah salah satu cara untuk bertahan hidup.

Namun, jika terlalu terobsesi untuk menghabiskan waktu dengan bekerja, anda bisa saja kehilangan waktu berharga lainnya.

Oleh karena itu, manfaatkan jatah cuti untuk berhenti sejenak dari pekerjaan dan pergilah berlibur. Karena ada beberapa alasan mengapa berlibur itu penting, seperti penjelasan berikut ini.

Alasan kesehatan

Liburan dapat meningkatkan kesehatan tubuh (Sumber: unsplash.com)

Duduk di depan komputer untuk jangka waktu yang lama, ditambah pola makan yang buruk dipastikan penyakit lebih mudah menghampiri anda, salah satunya hipertensi.

Belum lagi jika anda memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak terartur, serta stres yang berlebihan. Sesekali ambillah waktu off untuk berlibur kemana saja yang anda mau.

Tidak harus ke luar negeri, mengelilingi komplek bersama hewan peliharaan pun juga bisa anda lakukan. Asalkan tubuh anda dapat bergerak setelah lama bekerja.

Baca Juga: Workation, Ketika Bekerja Serasa Liburan

Meningkatkan Kualitas Tidur

Beban pekerjaan yang terkadang overload sering membuat anda harus mengorbankan waktu tidur. Setelah seharian bekerja, malamnya pun masih dilanjutkan dengan lembur.

Kondisi ini tentu tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Anda benar-benar butuh mengistirahatkan diri dari semua pekerjaan.

Liburan dapat membebaskan anda dari stres kerja, memberikan suasana tenang dan santai, serta meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Dengan begitu anda dapat tidur dengan nyenyak dan kualitas tidur pun jadi meningkat.

Meredakan Stres

Stress release dengan berlibur sangat dianjurkan (sumber: unsplash.com)

Apabila anda sedang menghadapi masalah keluarga atau stres di tempat kerja, maka liburan akan sangat membantu anda dalam mengurangi tingkat stres.

Stres dapat membuat pikiran kacau dan meningkatkan kadar emosi. Dengan berlibur, anda dapat memulai untuk menyeimbangkan antara kehidupan dan pekerjaan. Sehingga dapat mengurangi dampak negatif dari stres dan juga rasa lelah.

Baca Juga: Ini Barang Yang Wajib Anda Bawa Saat Travelling

Re-charge Energi

Liburan dapat mengembalikan energi positif (sumber: pexels.com)

Liburan jauh dari kata monoton dan membosankan. Justru liburan membuat anda tertarik utuk melihat hal-hal baru dari sudut pandang lain.

Hidup tidak hanya tentang bekerja, anda juga memiliki kehidupan lain yang tentu harus dijalani dan dinikmati.

Jika memiliki waktu, usahakan untuk memaksimalkan waktu libur untuk meningkatkan kembali energi dan juga me-refresh otak dari hectic-nya dunia kerja.

Tidak ada salahnya untuk give everything dipekerjaan, selama anda menikmatinya. Namun, jangan lupa untuk sesekali merehatkan diri dengan berlibur sejenak. Niscaya, banyak manfaat yang akan anda rasakan.

Sumbe & Foto: Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>