Memetik Pelajaran Berharga Dari Suatu Liburan

Yukke.id – Pernahkah anda terbayang ketika menjalani suatu liburan, bahwa liburan ini mungkin hanya menghabiskan uang dan waktu saja, sementara kepuasan atau kenyamanan yang didapatkan tidaklah seberapa. Namun, keinginan untuk liburan atau refreshing itu tetap terus ada.

Lalu bagaimana dong? Bagaimana kita dapat memetik sebuah pengalaman yang berharga dari sebuah perjalanan liburan, tanpa perlu merasa bersalah telah menghabiskan banyak waktu dan uang?

Pada tulisan kali ini, mari kita dalami bersama.

Baca Juga: 9 Tips Traveling Bagi Pemula


Sumber: liputan6

1. Menghilangkan stress atau penat

Salah satu tujuan utama dari liburan adalah untuk menghilangkan stress atau rasa penat, akibat kerjaan yang menumpuk sekian lama.

Dengan berada di lingkungan yang sejuk dan udara yang segar, maka makna liburan menjadi sangat berarti, bagi siapa saja yang melakukannya.

Selain itu, liburan yang dilakukan dengan permainan, juga bisa menghilangkan penat dan juga stress. Apalagi jika permainan itu dilakukan dengan seru, menyenangkan, dan juga kompetitif.

Dengan kata lain, orang yang menjalani liburan akan terbebas dari kepenatan rutinitas yang membelenggunya.

2. Mempelajari sesuatu yang baru

Ketika menjalani suatu liburan, usahakan juga untuk mengunjungi tempat-tempat yang memang memiliki nuansa ilmu pengetahuan yang baru, yang belum pernah ditemui di lokasi anda tinggal atau bekerja. Sehingga anda bisa mendapatkan perspektif baru, ketika melakukan suatu liburan. Atau bisa dikatakan pula, bahwa anda telah menemukan “dunia baru” yang selama ini belum pernah anda temui sebelumnya.

3. Melatih kedekatan dan kerjasama

Pernahkah anda mengikuti atau mengadakan suatu outbond? Apakah tujuan utama dari diadakannya sebuah outbond? Biasanya untuk memberi motivasi serta memperkuat kerjasama antar individu, untuk dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam makna yang lebih luas, liburan juga mampu memberikan kedekatan dan kekompakan antar individu, namun dengan suasana yang berbeda dan lebih menyenangkan. Bukan melulu tentang pekerjaan atau target tertentu yang belum tercapai.

4. Mengingatkan makna hidup yang sebenarnya

Liburan juga berguna untuk mengingatkan setiap orang, akan makna hidup yang sebenarnya.

Ketika kita sudah terlalu rajin bekerja dan bekerja untuk mencari nafkah, maka kita akan lupa dengan makna hidup yang sebenarnya. Bahkan hakikat hidup itu sendiri sejatinya tidak hanya untuk bekerja semata. Masih banyak area lain yang perlu dieksplor lebih jauh, ketimbang hanya bekerja setiap saat.

Dengan melakoni suatu liburan, kita bisa lebih memaknai kehidupan dengan lebih luas, yang membuat pikiran menjadi lebih terbuka, dan hati pun menjadi lebih tenang. Sehingga kita tidak perlu risau jika menemui suatu kegagalan dalam sebuah tugas atau pekerjaan.

Baca Juga: Desa Konoha di Dunia Nyata


Itulah dia beberapa hikmah atau pelajaran, yang mungkin bisa anda petik dari sebuah liburan. Karena hakikat dari liburan tidak hanya sekedar bersantai-santai atau foya-foya semata, namun juga tentang bagaimana mengambil sisi positif atau pelajaran, dari setiap perjalanan yang ditempuh.


Sumber foto: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>