Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Fuji Jepang

Yukke.id – Gunung Fuji merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jepang. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang tertarik mendaki gunung Fuji. Persiapan sebelum mendaki Gunung Fuji perlu dilakukan agar tidak sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Berdasarkan informasi jumlah pengunjung, pendaki gunung Fuji mencapai 2000 sampai 3000 orang setiap tahunnya. Semakin banyaknya jumlah pendaki tersebut akan membuat semakin banyak terjadi kerusakan lingkungan, gangguan perjalanan dan kecelakaan. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki gunung Fuji :

Baca Juga : Liburan Seru di Tokyo Disneyland Jepang

Gunakan Pakaian yang Aman dan Nyaman

Pendaki dengan Pakaian yang Aman dan Nyaman

Mendaki merupakan aktivitas yang akan menguras tenaga dan aktivitas di alam terbuka. Perubahan suhu dan cuaca bisa dengan mudah terjadi dalam waktu singkat dan akan langsung mempengaruhi kondisi pendaki. Untuk itu pakaian yang dipakai harus dipersiapkan dengan baik.

Usahakan memakai pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, gunakan juga sarung tangan untuk mencegah terjadinya luka saat menyentuh sesuatu di gunung. Sepatu gunung yang nyaman dan aman juga harus selalu digunakan saat mendaki. Jangan lupa memakai topi agar kepala tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk celana gunakan yang bahannya mudah kering dan nyaman dipakai.

Bawa Baju Ganti, Jas Hujan dan Baju Hangat

Cuaca di gunung bisa berubah tiba-tiba, awalnya cuaca terlihat cerah namun hujan bisa saja terjadi dengan tiba-tiba. Untuk mengantisipasinya, usahakan membawa jas hujan saat mendaki. Selain itu juga bawalah baju hangat untuk perlindungan saat cuaca berubah menjadi digin serta untuk digunakan pada malam hari.

Baju ganti juga wajib dibawa oleh setiap pendaki. Mendaki merupakan aktivitas yang akan membuat mudah berkeringat sehingga baju menjadi tidak nyaman dipakai. Baju ganti bisa dipakai saat baju yang dipakai sudah tidak nyaman lagi, jangan lupa membawa naju ganti dalam juga.

Baca Juga : 4 Panduan Lengkap untuk Liburan ke Jepang

Bawa Perlengkapan Mendaki

Pendaaki dan Perlengkapannya

Persiapan mendaki gunung Fuji untuk meringankan pendakian pakailah tas punggung. Selain itu juga bawalah senter kepala untuk memberikan penerangan saat pendakian harus berlangsung sampai malam hari. Senter kepala akan lebih memudahkan karena pendaki tidak perlu membawanya dengan tangan.

Selain tas punggung dan lampu senter kepala, hal utama dan penting untuk dibawa pendaki adalah uang. Uang digunakan untuk membayar tiket masuk, membayar saat ke toilet dan juga membeli makanan. Penjual makanan telah banyak tersedia dari mulai di bawah hingga di dekat puncak gunung Fuji, jadi tidak perlu bingung membawa makanan dari rumah.

Sebagai persiapan makanan yang perlu dibawa hanyalah makanan ringan yang tinggi gula sebagai penambah tenaga. Bawa juga air minum pada botol yang mudah diisi ulang. Bawa juga tisu sebagai persiapan saat ke toilet, bisa saja toilet yang dipakai kehabisan tisu.

Perlengkapan tambahan yang perlu dibawa oleh pendaki yaitu peta pendakian sebagai penunjuk jalan saat mendaki. Selain itu, jangan lupa memakai sunblock agar kulit terlindungi dari sinar matahari serta kacamata hitam agar tidak silau saat mendaki. Dan untuk perlindungan saat tidur bawalah juga sleeping bag agar lebih aman.

Sumber dan foto : Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>