Traveller Wajib Tahu, Inilah Berbagai Penyakit yang Sering Ditemui di Toilet Umum

Yukke.id – Satu hal yang perlu diwaspadai oleh para traveller, namun masih cukup jarang disadari, adalah potensi terkena penyakit selama perjalanan. Bahkan, penyakitnya pun bisa jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan yang selama ini dialami di luar melakoni travelling.

Salah satu yang menjadi sumber penyakit adalah toilet umum. Ya, toilet umum memiliki potensi menjadi tempat penyebaran penyakit, manakala kita tidak waspada. Beberapa penyakit tersebut biasanya bersumber dari kuman, bakteri, infeksi akibat virus, dan lain sebagainya.

Tak jarang beberapa traveller juga resah, karena sebersih apapun toilet yang dimasuki, tetap saja potensi terciptanya penyakit dari sana juga sangat mungkin terjadi, mengingat toilet tersebut juga dimasuki oleh banyak orang yang berseliweran disana.

Lalu, apa saja penyakit yang bisa saja menyerang para traveller di dalam toilet? Dan bagaimana cara mencegahnya agar tidak tejadi lagi di kemudian hari?

Selengkapnya simak dalam tulisan menarik di bawah ini.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Anda Harus Solo Travelling (Sebelum Semuanya Terlambat)


Berbagai Penyakit yang Ada di Toilet Umum

Sumber: Jabar News

Tidak dapat dipungkiri bahwa toilet umum menyimpan banyak potensi penyakit yang sangat berbahaya bagi siapa saja yang memasukinya. Entah itu di dudukan toilet, lantai, wastafel, atau di bagian lain yang selama ini kerap disentuh oleh para pengunjung toilet tersebut, bisa menjadi sarang penyakit bagi siapa saja, termasuk bagi para travller, yang kerap mencari toilet umum sebagai tempat pembuangan kotoran dari dalam tubuhnya.

Adapun beberapa penyakit yang mungkin “tersimpan” di dalam toilet umum antara lain:

Infeksi Usus
Bakteri yang ditularkan melalui feses seperti E. coli, Streptococcus, Staphylococcus dan Shigella adalah yang paling banyak ditemukan di toilet umum. Kontaminasi permukaan oleh kotoran orang-orang yang terinfeksi, dapat menjadi sarana untuk menularkan infeksi.

Beberapa strain bakteri E. coli dapat mengakibatkan diare berdarah dan kram perut. Sementara itu, bakteri Shigella dapat mengakibatkan diare parah, kram perut dan disentri, dan lain-lain.

Infeksi Paru-Paru dan Kulit
Bakteri Streptococcus dapat mengakibatkan infeksi pada saluran tenggorokan dan kulit yang juga dapat menular. Sementara bakteri Staphylococcus dapat menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, keracunan makanan, dan lain-lain.

Kedua bakteri tersebut dapat berada di permukaan toilet dalam waktu yang lama, sehingga meningkatkan kemungkinan penularan penyakit.

Infeksi Virus
Kemungkinan penyakit lain yang bisa terjadi di toilet umum adalah infeksi virus. Meski virusnya hanyalah berupa flu biasa, namun biasanya virus itu dapat bertahan untuk waktu yang relatif lama. Beberapa virus seperti influenza, norovirus, dan lain-lain, dapat hidup selama berhari-hari di permukaan toilet.

Hepatitis A
Virus hepatitis A bisa menular dari sisa kotoran yang menempel di dudukan toilet, jika tidak sengaja masuk ke tubuh. Misalnya karena tidak mencuci tangan setelah keluar dari toilet.

Tips Mencegah Penularan Penyakit

Sumber: tribunnews

Banyak penyakit yang berasal dari toilet umum yang dapat menginfeksi tubuh. Namun, anda tidak perlu langsung panik. Dengan menerapkan langkah-langkah yang higienis dan sederhana, seperti mencuci tangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh, anda bisa mencegah infeksi ini dengan mudah.

Beberapa tips yang dapat anda lakukan, untuk mencegah penularan penyakit yang berasal dari toilet umum antara lain:

  • Gunakan pembersih tangan atau kertas tisu saat membuka pintu toilet.
  • Gunakan penutup dudukan toilet, atau bersihkan permukaan dudukan toilet dengan tisu toilet.
  • Gunakan tisu toilet untuk menekan tombol flush.
  • Siram air dalam kondisi dudukan toilet yang sudah ditutup atau segera keluar dari tempat secepatnya, setelah menekan tombol flush.
  • Cuci tangan secara menyeluruh setelah menggunakan toilet.
  • Keringkan tangan dengan tisu setelah cuci tangan.
  • Mengingat tidak semua toilet menyediakan tisu. Maka usahakan agar anda selalu membawa tisu saat bepergian atau travelling. Peganglah tisu tersebut di salah satu tangan anda, ketika hendak menyentuh permukaan toilet, untuk mencegah penularan penyakit.

Baca Juga: Liburan Kok Bokek? Ini Tips Ampuh Anti-Bokek Saat Liburan


Sebenarnya, toilet umum bukanlah satu-satunya tempat (atau benda) yang berpotensi menjadi pusat penularan penyakit. Pada kebanyakan kasus, seseorang lebih mungkin terkena kuman, setelah menyentuh benda-benda yang lebih kotor dari dudukan toilet setiap harinya.

Benda-benda seperti Ponsel, tisu dapur dan spons, talenan, dan karpet, biasanya memiliki lebih banyak kuman daripada dudukan toilet, yang mungkin tidaklah anda sadari. Bahkan, keyboard dan meja kantor juga tak jarang memiliki kuman yang lebih banyak daripada dudukan di toilet.

Jadi intinya, sumber penyakit bisa datang darimana saja, bahkan dari tempat yang tidak pernah kita sadari sekalipun. Termasuk toilet dan tempat, atau benda-benda umum lainnya.

Jangan sampai momen travelling anda menjadi kurang menyenangkan, hanya karena kemunculan berbagai penyakit yang sudah pasti tidak anda harapkan sebelumnya.


Sumber foto dan artikel: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>