Waspada Penipuan dan Calo Tiket Saat Hendak Berlibur

Yukke.id – Kalo anda melihat ciamiknya foto liburan yang di-post di Instagram, mungkin anda jadi tergiur untuk ikut berkunjung ke lokasi serupa yang ada di foto tersebut.

Namun, liburan itu tidak selamanya menyenangkan. Apa yang anda lihat di IG itu hanyalah sesuatu yag positifnya saja, atau hanya editan dari sekian banyak foto yang sudah dijepret sebelumnya.

Bahkan bisa saja, mereka yang tampak bahagia dalam postingan di sosmed, sebenarnya juga tengah “tersiksa” karena satu dan lain hal, yang tentu saja tidak akan mereka umbar seenaknya di sosmed.

Untuk itu, anda tetap perlu mewaspadai banyak hal, sebelum memutuskan untuk pergi berlibur. Jangan sampai ada penyesalan dalam diri anda, ketika semuanya sudah terlanjur terjadi.

Lalu, apa saja yang harus diwaspadai sebelum memutuskan untuk berlibur? Simak dalam tulisan menarik di bawah ini.

Baca Juga: Memetik Pelajaran Berharga Dari Suatu Liburan


Sumber: travel daily

1. Cari kendaraan umum yang memasang harga pasti

Jika anda hendak menggunakan taksi, jangan sampai anda memilih taksi yang meteran harganya tidak berfungsi, karena anda akan bisa terkena charge biaya yang jauh lebih mahal.

Sebelum naik taksi, anda juga perlu melihat rute yang akan dilewati, supaya tidak dibawa berputar-putar oleh driver, atau sengaja melewati jalanan yang lebih jauh, supaya putaran KM-nya jadi lebih banyak.

Untuk menyiasati hal ini anda bisa mencari taksi atau kendaraan umum di luar lokasi wisata, terminal, stasiun atau bandara. Cari saja taksi yang lewat, yang tidak mangkal di pangkalan, sehingga anda bisa mendapat harga yang lebih jujur dan masuk akal.

2. Hati-hati dengan Calo Tiket

Banyak wisatawan mengeluhkan harga tiket yang tidak wajar. Mungkin mereka tidak sadar kalau mereka hendak membeli tiket dari calo, atau loket yang tidak resmi. Untuk menghindari kejadian seperti ini, sebaiknya anda mencari tahu harga tiket masuk atau tarif transportasi umum yang bisa anda dapatkan di internet. Tapi ingat, sumbernya juga harus terpercaya lho, ya.

3. Waspadai barang palsu atau bajakan

Harga murah memang tampak menggiurkan. Namun perhatikan juga bagaimana kualitasnya. Jangan sampai anda asal membeli barang murah di lokasi wisata, tapi luput memperhatikan bagaimana kualitasnya. Jika ingin membeli souvenir dengan kualitas terbaik dan terpercaya, pastikan hanya membeli di toko resmi.

4. Tanyakan harga terlebih dahulu

Di banyak lokasi wisata, pasti ada saja warung makan, toko hingga tempat perbelanjaan tertentu yang tidak memasang harga, atau merilis daftar harga. Maka tidak ada salahnya untuk menanyakan terlebih dahulu harga barang atau makanan yang ada disana. Hal ini sebagai antisipasi agar anda tidak merasa kecolongan ketika hendak membayar. Karena banyak juga kasus dimana pengunjung hendak mengganti pesanan, namun hal itu tidak bisa dilakukan. Lantaran ia sudah memesan barang lain terlebih dahulu, dan tidak dapat ditukarkan lagi.

5. Hati-hati saat menyewa kendaraan

Penipuan paling umum yang sering dialami wisatawan adalah ketika hendak menyewa kendaraan. Jika dalam kendaraan tersebut terdapat lecet atau kerusakan tertentu, justru penyewa akan dikenai biaya tambahan untuk ganti rugi.

Untuk menghindari hal semacam ini, anda bisa memfoto fisik kendaraan dan bagian yang lecet sebelum menandatangani perjanjian sewa, agar nantinya foto itu bisa menjadi barang bukti, apabila ada sesuatu yang tidak sesuai harapan, namun tidak digubris oleh pemiliknya.

Baca Juga: Liburan Kok Bokek? Ini Tips Ampuh Anti-Bokek Saat Liburan


Oke, itulah dia beberapa hal yang perlu anda waspadai, saat hendak pergi berlibur, baik itu di dalam negeri maupun mancanegara. Yang paling penting adalah, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin, agar bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat hari-H tiba. Oleh karena itu, jangan sampai anda membuat rencana untuk berlibur secara tiba-tiba, atau terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan. Karena itu sama saja dengan “merencanakan kegagalan” untuk diri anda sendiri.


Sumber foto dan artikel: dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi yukke.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>